Ruang Lingkup Administrasi dan Management Dari Buku Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Managemen Drs.Soewarno Handayaningrat Gunung Agung-Jakarta MCMLXXXVI 1980


Ruang Lingkup Administrasi dan Managemen

A.  Administrasi sebagai ilmu (science) dan seni (art)

Administrasi sebagai ilmu pengetahuan baru berkembang sejak akhir aba XIX, tetapi administrasi sebagai suatu seni (art) dalam praktek, timbul bersamaan dengan timbulnya peradaban manusia.
Sebagai ilmu pengetahuan administrasi suatu fenomena masyarakat yang baru karena baru timbul sebagai suatu cabang daripada Ilmu-ilmu Sosial, termasuk perkembangannya di Indonesia. Sekalipun baru berkembang di Indonesia dengan membawa prinsip-prinsip yang universal, dalam prakteknya harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi di Indonesia dengan memperhatikan factor-faktor yang mempunyai pengaruh terhadap perkembangan ilmu administrasi sebagai suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
Pengembangan di bidang ilmu pengetahuan karena kemanfaatannya hanaya ada apabila prinsip-prinsip,dalil-dalil,nya diterapkan untuk meningkatkan mutu berbagai kehidupan bangsa.
Sedangkan administrasi sebagai suatu seni pada zaman modern sekarang merupakan proses kegiatan yang perlu dikembangkan terus menerus, agar administrasi sebagai suatu sarana untuk mencapai tujuan benar-benar dapat memegang peranan yang diharapkan.

B.        Arti Administrasi

1.  Administrasi dalam arti sempit berasal dari kata Administratie (bahasa Belanda) yang meliputi kegiatan: catat mencatat, surat menyurat, yang bersifat teknis ketatausahaan. Jadi tata usaha adalah bagian kecil daripada administrasi yang akan dipelajari.
2.  Administrasi dalam arti luas berasal dari kata Administration (bahasa Inggris)
a)      Menurut Leonard D. White. Administrasi adalah suatu proses pada umumnya terdapat pada semua usaha krlompok,negara, swasta, sipil atau militer, usaha yang besar atau yang kecil.
b)      Menurut H.A Simon Administrasi sebagai kegiatan daripada kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tujuan bersama.
c)      William H. Newman Administrasi didefinisikan sebagai bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan daripada usaha-usaha kelompok individu terhadap tercapainya tujuan bersama.
3.  Ciri-ciri Administrasi digolongkan atas:
a)      Adanya kelompok manusia, yang terdiri atas 2 orang atau lebih
b)      Adanya kerjasama dari kelompok tsb
c)      Adanya kegiatan/proses/usaha
d)     Adanya bimbingan,kepemimpinan, dan pengawasan
e)      Adanya tujuan
C.        Penggolongan Ilmu Administrasi
1.      Administrasi Negara (Public Admnistration) yaitu kegiatan-kegiatan, proses,usaha di bidang kenegaraan.
a)      Menurut J.M Pfiffner dan Robert v Presthus Administrasi negara adalah suatu proses yang berhubungan dengan pelaksanaan kebijaksanaan negara.
b)      Menurut Dimock Administrasi Negara adalah kegiatan negara dalam melaksanakan kekuasaan politiknya.
2.      Administrasi Swasta/ Niaga yaitu kegiatan/proses/usaha/ yang dilakukan di bidang swasta/niaga. Administrasi niaga adalah kegiatan-kegiatan daripada organisasi Niaga dalm usahanya mencari keuntungan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan UU No 5 Tahun 1979,UU No 22 Tahun 1999,UU No 32 Tahun 2004, dan PP No 72 Tahun 2005 Tentang Pemerintahan Desa

HIASAN DINDING UNTUK MEMPERINDAH TAMPILAN RUMAH

Hanafi Yoniansyah